INFO DUNIA PEMADAM

Alat Pemadam Kebakaran APAR

Apa itu APAR ?

Apa itu APAR? APAR adalah alat pemadam kebakaran yang sangat dibutuhkan disaat kita bekerja dengan material yang dapat menyebabkan panas, seperti pengelasan, pemotongan, bahkan dalam kegiatan sehari seperti memasak. Untuk meminimalisir potensi bahaya yang akan ditimbulkan, diperlukan adanya alat pemadam kebakaran berupa APAR.

APAR adalah singkatan dari Alat Pemadam Api Ringan, sesuai dengan namanya, APAR digunakan untuk untuk memadamkan api atau mengendalikan kebakaran kecil. APAR merupakan alat pemadam kebakaran dengan bentuk tabung pemadam dengan maksimal berat 16kg. Hal ini bertujuan agar APAR mudah dibawa dan dapat digunakan oleh satu orang dalam keadaan darurat untuk memadamkan api pada awal terjadi kebakaran. APAR merupakan peralatan wajib yang harus dilengkapi dalam hal Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).

Ada Berapa Jenis APAR?

Alat Pemadam Api Ringan (APAR) berdasarkan medianya terdiri dari 4 jenis, dan berfungsi untuk kelas kebakaran yang berbeda-beda. Jenis APAR berdasarkan medianya terdiri dari:

  1. Alat Pemadam Api (APAR) Powder (Dry Chemical Powder / Serbuk)
  2. Alat Pemadam Api (APAR) CO2 (Carbondioxide/Karbondioksida)
  3. Alat Pemadam Api (APAR) Foam (Busa)
  4. Alat Pemadam Api (APAR) Gas Clean Agent

1. Alat Pemadam Api (APAR) Powder (Dry Chemical Powder / Serbuk)

APAR INOS Powder
APAR INOS Powder

APAR Powder merupakan jenis APAR dengan media Powder (Serbuk). Tabung Pemadam Powder dapat digunakan untuk semua Kelas Kebakaran A, B dan C. Tabung apar dry powder akan sangat efektif untuk kebakaran dari semua jenis benda. Misalnya kayu, kertas, plastik, gas yang mudah terbakar, bahkan pada listrik.

2. Alat Pemadam Api (APAR) CO2 (Carbondioxide/Karbondioksida)

APAR INOS CO2 Carbondioxide/Karbondioksida
APAR INOS CO2 Carbondioxide/Karbondioksida

APAR CO2 merupakan tabung pemadam dengan media gas bersuhu rendah. Tabung pemadam api ini memiliki tekanan tinggi. Apar Karbondioksida digunakan untuk kelas kebakaran B dan C. Tabung pemadam CO2 digunakan untuk memadamkan api pada media bahan bakar minyak, bahan kimia dan listrik. Tabung pemadam api ini sangat cocok digunakan di laboratorium kimia dan tempat-tempat dengan banyak peralatan elektronik, seperti studio maupun ruangan server computer.

3. Alat Pemadam Api (APAR) Foam (Busa)

APAR INOS Foam
APAR INOS Foam

APAR foam merupakan tabung pemadam api dengan media Busa AFFF (Aqueous Film Forming Foam). Foam yang dimaksudkan disini adalah cairan busa dengan bahan kimia khusus untuk memadamkan api. Tabung pemadam foam menggunakan senyawa nitrogen sebagai tenaga dorongnya. APAR foam digunakan untuk kelas kebakaran A dan B. APAR Foam dilarang digunakan untuk kelas kebakaran C yaitu kebakaran yang disebabkan oleh arus pendek listrik, karena Nitrogen merupakan senyawa yang digolongkan sebagai penghantar listrik.

4. Alat Pemadam Api (APAR) Gas Clean Agent

APAR INOS Gas Clean Agent
APAR INOS Clean Agent

APAR Gas Clean Agent digunakan digunakan untuk ketiga jenis kelas kebakaran, baik kelas A, B, dan C. Tabung jenis ini bisa dikatakan sangat efektif. Kelebihan APAR Gas Clean Agent adalah tabung pemadam ini memadamkan api dengan sangat bersih tanpa meninggalkan sisa-sisa partikel kimia ataupun debu. Tabung apar ini bekerja maksimal tanpa merusak apapun serta tidak beracun.

Untuk informasi lengkap mengenai jenis APAR, dapat anda lihat di artikel Jenis APAR dan Kegunaannya disini.

Klasifikasi Kebakaran atau Kelas Kebakaran

Klasifikasi Kelas Kebakaran
Klasifikasi Kelas Kebakaran

Klasifikasi kebakaran atau Kelas kebakaran adalah pengelompokan kebakaran berdasarkan bahan-bahan yang terbakar. Bahan-bahan yang terbakar atau bahkan penyebab kebakaran memiliki elemen yang berbeda-beda. Itu sebabnya, penting untuk menyesuaikan alat pemadam yang akan digunakan.

Secara umum kelas kebakaran terdiri dari 3 kelas yaitu A,B & C. Kelas Kebakaran A adalah klasifikasi kebakaran pada bahan-bahan atau media yang terbuat dari benda padat sperti kain, kayu, serta kertas. Kelas Kebakaran B adalah klasifikasi kebakaran pada bahan-bahan dalam bentuk cairan seperti minyak, bensin, serta solar. Bahan-bahan ini cenderung menghasilkan api yang lebih besar. Sedangkan kelas kebakaran C merupakan kebakaran pada bahan-bahan berwujud gas, kimia, logam, dan listrik. Kebakaran yang dihasilkan dari bahan-bahan gas bisa menghasilkan ledakan.

Dapatkan informasi lebih lengkap mengenai kelas kebakaran di artikel ini.

Alat Pemadam Api (APAR) INOS

Tabung Pemadam Api INOS
Tabung Pemadam Api INOS

Setelah Anda memiliki pengetahuan tentang berbagai jenis alat pemadam api (APAR) beserta fungsinya, kini Anda dapat memilih APAR jenis apa yang cocok dengan kebutuhan. Alat Pemadam Api (APAR) INOS merupakan merk APAR  yang diprodukso oleh CV INDORAYA SEMBILAN. APAR INOS memiliki berbagai keunggulan diantaranya:

  1. Tersedia dalam berbagai ukuran dan jenis media racun api
  2. Harga yang kompetitif
  3. APAR INOS Bergaransi 6 Tahun
  4. Masa expired media hingga 2 tahun
  5. Gratis bracket dan stiker tabung APAR
  6. Gratis Ongkir dan pelatihan

Selain menjual Alat Pemadam Kebakaran, kami juga menyediakan jasa isi ulang apar dengan berbagai merk, jenis media & ukuran APAR. Segera hubungi kami dan dapatkan penawaran menarik di bulan ini.

Tabung Pemadam Api INOS
Fast Response